2 Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis

2 Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis – Dalam bisnis ada juga beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi bisnis. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja faktor pengaruh lingkungan dalam mengelola bisnis.

Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis

Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis

Tentunya dalam membangun sebuah bisnis kita juga harus memikirkan lingkungan di sekitar kita. Temukan juga informasi seputar bisnis di website kami. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis.

Lingkungan Politik dan Hukum

Lingkungan ekonomi di suatu negara terkait erat dengan lingkungan politik dan hukum di sana. Lingkungan politik dan hukum adalah latar belakang hukum dan peraturan di mana perusahaan harus menjalankan urusannya.

Doktrin “Laizze-faire” telah menjadi prinsip yang ketinggalan zaman atau dibuang dan Pemerintah di seluruh dunia mengatur kegiatan bisnis. Bahkan di negara-negara kapitalis, Pemerintah mengendalikan dan mempengaruhi kebijakan bisnis dalam banyak hal.

Tingkat kontrol atau arahan Pemerintah mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain tetapi dampaknya tidak dapat dikesampingkan di tempat lain. Khususnya, setelah Depresi Hebat, intervensi negara dalam kehidupan ekonomi jelas terlihat di semua ekonomi dunia. Kunjungi juga situs website Indonesia News Hot Update, untuk melihat berita terpanas saat ini.

Dalam konteks India, peran dan pengaruh Pemerintah dalam kebijakan bisnis beragam. Dalam lingkungan ini, Pemerintah berinteraksi dengan bisnis di tiga tingkat – lokal, negara bagian dan pusat dan memberikan pengaruh dalam jumlah yang berbeda-beda terhadap bisnis.

Pemerintah memainkan sejumlah peran ketika berinteraksi dengan bisnis. Di sinilah Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pengontrol, koordinator, penjaga dan wali, dan pemasok. Selain itu, ia juga bertindak sebagai pesaing dan sebagai pelanggan.

Seperti yang telah dinyatakan, ada bidang-bidang tertentu di India di mana tidak ada perusahaan swasta yang diizinkan untuk beroperasi. Selain itu, ada kontrol harga dan distribusi atas sejumlah komoditas. Harga yang diatur juga ada di sana. Sekali lagi sektor-sektor tertentu diidentifikasi untuk dorongan khusus dan ini mendiskriminasikan yang lain.

Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis Apa Lagi yang Dapat Mempengaruhi Bisnis ?

Lingkungan Sosial dan Budaya

Dari berbagai lingkungan yang disebutkan di atas, lingkungan sosial dan budaya memiliki dampak terbesar pada kebijakan dan kinerja semua perusahaan bisnis. Lingkungan ini menimbulkan tantangan serius bagi bisnis, dan para manajer bisnis sambil merumuskan strategi dan kebijakan bisnis harus memberi bobot pada faktor penting ini.

Lingkungan sosial berkaitan dengan lingkungan masyarakat secara keseluruhan – yang mana setiap orang terlibat. Lingkungan budaya adalah agregat dari semua sub-budaya masing-masing dengan konsep, kepercayaan, dan keyakinan yang berbeda. Masyarakat seperti kita ketahui tidak statis.

Kami memiliki masyarakat yang dinamis yaitu selalu berubah. Tuntutan baru diciptakan dan yang lama hilang pada waktunya. Perusahaan bisnis harus terus-menerus memperhatikan perkembangan yang terjadi dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam rencana dan strategi produksi dan pemasaran mereka untuk memenuhi tuntutan sosial baru.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Ekstraksi Minyak Inti Sawit

Menyesuaikan dengan perkembangan sosial dan budaya, tentu saja, akan memungkinkan perusahaan untuk menuai panen yang kaya. Laba adalah objek pamungkas dari semua usaha bisnis. Selain itu, itu adalah indikator efisiensi perusahaan bisnis. Tapi sekarang situasinya berubah.

Pengusaha tidak boleh bertindak dengan motif keuntungan saja. Mereka juga memiliki beberapa tanggung jawab sosial. Mereka harus memberikan bobot kepada kesejahteraan jangka panjang konsumen serta masyarakat. Demikian pembahasan artikel mengenai Faktor Pengaruh Lingkungan Bisnis, ini saya buat. Semoga bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

Post Navigation

Comments are closed.